Cara Memilih Herbal

Posted on Posted in Pentingnya Penelitian Herbal

Memilih Herbal yang Baik & Benar

Sebelum mengambil pilihan hidup, kita selalu mempertimbangkan plus minus nya terlebih dahulu, tidak terkecuali herbal. Apalagi ini berkaitan dengan hal yang Vital, yaitu Kesehatan.

Anggap saja kita akan memilih pasangan hidup kita, pasti kita kenal dahulu, kemudian tau kelebihan dan kekurangannya, baru setelah mantab persiapannya, kita bisa menuju ke pernikahan.

Untuk itu, kita harus kenal dulu dengan herbal

Apa itu Herbal ?

Singkatnya Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan.

Saat ini Herbal dianggap sebagai obat ‘alternative’ yang sedang booming’ di dunia, lebih-lebih di negara kita yang menyimpan pasokan bermacam-macam tanaman dan rempah-rempah (alasan kita dijajah dulu).

Tapi…..

Banyak yang salah persepsi tentang herbal

Sehingga kita sangat mungkin untuk salah memilih dan menggunakannya

Kesalahan Persepsi tentang Herbal

Herbal menyembuhkan segala macam penyakit ?

Banyak yang menawarkan herbal yang bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit, bahkan ada yang bilang segala macam penyakit. Terus ditambah kata-kata tanpa efek samping.

Jika di ketik di google tentang : herbal s…., akan muncul option bantuan kata yang ditebak google, yaitu herbal semua penyakit. Kemudaian setelah di klik, di halaman pertama muncul website-website yang terang-terangan memberikan penjelasan, herbal segala macam penyakit tanpa efek samping.

Sangat menggiurkan,

Tapi mencurigakan

Kalau memang benar informasi tersebut, kenapa seluruh dunia tidak pakai herbal itu saja, tuntas semua masalah kesehatan di dunia. Semua obat di dunia diganti satu jenis herbal itu saja. Kemudian, bagaimana penyakit yang hingga saat ini masih dicari obat dan solusinya seperti kanker, HIV, dan Ebola? Apa semudah itu. Ditambah lagi referensinya yang tidak jelas.

Jadi pelajaran pertama hati-hati memilih herbal dengan iming-iming “menyembuhkan segala macam penyakit tanpa efek samping” apalagi tanpa dasar dan referensi yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan.

Memang salah satu kelebihan herbal biasanya memiliki beberapa khasiat, ini dikarenakan kandungan zat aktifnya ada banyak, tapi bukan berarti menyembuhkan segala macam penyakit.

Sedangkan kekurangannya, herbal pada umumnya butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk melihat hasilnya, bukan baru minum langsung sembuh.

Contohnya, teh Rosella ini dua kali sehari selama sebulan dan hasilnya dapat menurunkan 7.6% total kolesterol, 8% LDL dan 14.9% trigliserida serta meningkatkan 16.7% HDL. Kemudian, selain menjadi anti-kolesterol, teh ini juga dapat mengurangi tekanan darah (Dr.Tori Hudson).

Herbal Tanpa Efek Samping?

Seperti dibahas diatas, banyak yang menjelaskan herbal tanpa efek samping.

Mari kita luruskan terlebih dahulu

Semua yang kita konsumsi memiliki efek samping tidak terkecuali herbal. 

Sebagai contoh, air putih saja ada efek sampingnya. Loh? Air putih? Iya memang terdengar agak aneh, tapi bagaimana kalau kita minum satu galon air putih? Bukan kembung lagi, tapi bisa sakit perut. Jadi, efek samping air adalah kembung atau sakit perut, jika kadar yang kita minum melewati rentang normal keamanannya.

Hal ini juga berlaku untuk Herbal, tapi pada umumnya, efek sampingnya tidak muncul karena kadar zat aktifnya memiliki rentang keamanan yang luas. (Kelebihan Herbal)

Berbeda dengan sebagian obat-obat kimia, yang mudah muncul efek sampingnya karena rentang keamanannya yang lebih sempit, dibandingkan herbal. Contohnya, asam mefenamat untuk obat anti-nyeri yang memiliki efek samping sakit lambung untuk orang-orang yang magh.

Sebenarnya untuk penjelasan efek samping, rentang keamanan, dan over dosis suatu herbal/obat kimia masih lebih kompleks lagi, tapi menurut saya penjelasan diatas cukup untuk hanya sebagai gambaran tentang efek samping pada herbal. Tetapi saya menyarankan untuk mencari tau lebih lanjut tentang hal ini.

Testimoni

Kata herbal tidak lepas dengan testimoni-testimoni yang biasanya diberikan oleh orang-orang yang sudah menggunakannya. Memang testimoni bisa membantu kita dalam memilih herbal, apalagi kalo yang memberi tau teman kita sendiri yang sudah merasakan khasiatnya.

Tetapi testimoni ini sangat rentan untuk disalahgunakan oleh orang-orang yang menjual herbal, demi keuntungan. Kita tidak tau pasti apakah orang itu berbohong atau tidak, bahkan di dunia penelitian, testimoni seorang yang sudah pakar pun berada di deretan paling bawah dalam menganmbil referensi. Sedangkan deretan diatas testimoni pakar adalah penelitian-penelitian dengan bukti-bukti yang sudah divalidasi dan metode yang bisa dipertanggung-jawabkan.

Herbal Kenapa Tidak Muncul Efeknya ?

Hal ini bisa disebabkan jika kita salah memilih herbal atau cara penggunaannya tidak benar, sehingga efeknya tidak kita rasakan.

Seberapa efektif kah herbal tersebut pada penyakit yang dituju?

Bagaimana cara penyiapan atau penggunaannya yang benar?

Bagaimana keamanan saat kita mengkonsumsi atau mengaplikasikan herbal tersebut?

Ketika kita salah dalam memilih atau menggunakan herbal tersebut, sangat mungkin efeknya tidak tercapai.

Alasan lain bisa juga karena kita tidak membarenginya dengan gaya hidup dan menjaga makanan kita. Jadi, jika ingin efek yang optimal, kita mesti rajin dan telaten dalam menggunakan herbalnya.

Solusi

Solusi masalah-masalah dalam memilih herbal diatas adalah pintar-pintarnya kita dalam menyaring informasi dari sumber manapun, caranya dengan informasi yang terpercaya, salah satunya dari herbal yang berdasarkan bukti hasil penelitian yang terpercaya.

Suatu herbal, untuk suatu penyakit tertentu, yang sudah diteliti, sudah barang tentu, paling tidak memiliki bukti-bukti ilmiah yang bisa dipertanggung-jawabkan, sehingga kita bisa lebih yakin, karena memang sudah dibuktikan dengan metode yang telah terstandar.

Menggunakan herbal tanpa tau ilmu cara menggunakannya yang benar ibarat masuk di kegelapan tanpa tau arah dan bahaya yang ada.

Sedangkan, ilmu pengetahuan yang dituangkan sebagai penelitian ibarat cahaya yang bisa menerangi sehingga kita bisa memilih jalan yang lebih baik dan menghindari bahaya yang ada.

Untuk itu mari kita pintar-pintar sebelum menggunakan herbal

Terima Kasih

Perkenalkan, saya adalah seorang apoteker indonesia

Mari bertukar informasi, silakan komentarnya 

 

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *