Macam-Macam Mutasi

Posted on Posted in Pentingnya Penelitian Herbal

Macam-Macam Mutasi

  1. Missense Mutation adalah mutasi pada satu nukleotida sehinga terjadi perubahan pada satu pasangan basa DNA yang menyebabkan perubahan salah satu kodon RNA selama transkripsi dan yang menghasilkan substitusi satu asam amino lain atau berbeda dalam protein pada proses translasi (Reference, 2016).

  1. Nonsense Mutation adalah mutasi pada satu nukleotida sehingga terjadi perubahan pada satu pasangan basa DNA yang menyebabkan perubahan satu kodon RNA menjadi kodon STOP (Reference, 2016).
  1. Frame-shift Mutation adalah mutasi yang terjadi karena adanya penambahan atau hilangnya basa DNA yang menggeser urutan basa DNA dan menyebabkan penggesaran penerjemah kodon RNA (Reference, 2016). Mutasi frame-shift terjadi jika satu basa DNA ditambahkan atau dihilangkan dari urutan, maka semua kodon penerjemahannya terganggu. Hal ini dapat menyebabkan penggabungan banyak asam amino yang salah untuk pembentukan protein. Namun jika tiga basa DNA ditambahkan atau dihapus, maka tidak akan ada pergeseran dalam kerangka penerjemahan kodon, tetapi akan ada salah satu tambahan atau hilangnya asam amino dalam protein akhir. Oleh karena itu, mutasi frameshift menghasilkan produk protein abnormal dengan urutan asam amino yang salah yang dapat berupa lebih panjang atau lebih pendek dari protein normal.
  1. Splice site Mutation adalah mutasi yang terjadi pada daerah intron yang dapat  menghilangkan atau menimbulkan situs awal/akhir pemotongan (splice donor  atau  splice acceptor sites), yang mengakibatkan kegagalan dalam penggabungan ekson sehingga mRNA gen menjadi tidak normal dan tidak terbentuk protein.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *