Minyak Jintan Hitam untuk Diabetes [Studi Penelitian]

Posted on Posted in Diabetes

Minyak Jintan Hitam (Nigella Sativa)

 

Jintan Hitam adalah rempah-rempah yang sudah digunakan masyarakat timur tengah, pakistan dan india sebagai obat ribuan tahun lalu. Di masa modern ini, penelitian tentang jintan hitam sudah cukup banyak dilakukan untuk memberikan bukti ilmiah terkait khasiatnya. Salah satu khasiat minyak jintan hitam adalah sebagai penurun kadar gula darah.

Cara kerjanya kemungkinan dengan meningkatkan sensitifitas reseptor insulin dan menghambat enzim yang berperan dalam pembentukan glukosa yaitu glukosa-6-phospatase.

Ahmad G. di Brazilian Journal of Pharmaceutical Sciences, menyebutkan bahwa dia melakukan review dari penelitian-penelitian yang terkait herbal sebagai anti-diabetes, dan salah satu herbal yang dijelaskan olehnya adalah jintan hitam. (Sumber klik disini)

Ringkasan

Pasien dengan metabolik sindrom dan diabetes yang diberikan minyak jintan hitam sebanyak 2,5ml 2 kali sehari selama 6 minggu memberikan hasil yang signifikan dalam menurunkan kadar gula darah puasa dan menurunkan juga kadar LDL (Kolesterol Jahat), serta meningkatkan HDL (Kolesterol Baik).

 

Untuk melihat secara spesifik penurunan kadar glukosanya dapat dilihat di penelitian berikut

(Sumber klik disini)

Ringkasan :

Pemberian 2,5 ml minyak jintan hitam 2 kali sehari selama enam minggu menurunkan kadar gula darah puasa rata-rata sebesar 29,239 ± 8,543 mg/dL, serta menurunkan kadar gula darah sewaktu sebesar 23,388 ± 8,543 mg/dL.

Selain itu juga berefek baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh seperti tabel diatas jelaskan.

Terima Kasih

Semoga Lekas Sembuh

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *