Daun Jambu untuk Diabetes [Studi Penelitian]

Posted on Posted in Diabetes

Daun Jambu (Psidium guajava Linn.)

 

Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari brazil yang daunnya sering dijadikan bahan penelitian karena khasiatnya yang bermacam-macam, salah satu khasiatnya adalah sebagai penurun kadar gula darah sehingga dapat membantu pasien yang mengalami diabetes.

Secara ringkas, kandungan dalam daun jambu dapat menghambat enzim alfa-glukosidase. Enzim ini bekerja mengubah makanan kita menjadi glukosa sehingga dapat masuk ke dalam tubuh. Jadi, saat enzim itu dihambat oleh daun jambu biji, maka jumlah glukosa yang akan masuk ke dalam darah otomatis akan berkurang.

Selain itu, daun jambu juga mengaktivasi : AMP-activated protein kinase (AMPK), efeknya adalah oksidasi pada lemak-lemak di tubuh kita, sehingga membuat tubuh lebih mudah meluruhkan lemak.

Langsung saja mari kita bahas penelitian terkait daun jambu biji ini. (Sumber klik disini)

Ringkasan :

Pasien antara umur 55-65 tahun yang memiliki kadar gula darah puasa rata-rata 100 mg/dl diberikan rebusan daun jambu dua kali sehari. Cara membuatnya adalah dengan merebus 40 gram daun jambu dengan 100 ml air mendidih selama sepuluh menit hingga warnanya menjadi coklat.

Hasilnya setelah diamati pada bulan ke 1, 4, dan 9, dapat daimbil rata-ratanya glukosa darah turun hingga 16.8% serta menurunkan lemak trigliserid hingga 13%.

 

 

Sekian, semoga bermanfaat

Silakan pilih informasi herbal lainnya di Home

Terima Kasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *